www.tiket-pesawat-murah.web.id - Nikmati Layanan Tiket Pesawat Murah, Booking dan Cetak Sendiri Tiketnya

BISNIS YANG BIASA TETAPI MEMILIKI POTENSI PENGHASILAN YANG LUAR BIASA

Bergabung? silahkan klik disini

Sabtu, 09 April 2011

Dramatis! Ratusan Motor Ojek Bantu Pendaratan Pesawat di Cilacap



Kepala Bandara Tunggulwulung, Banggas Silitonga
Dramatis! Ratusan Motor Ojek Bantu Pendaratan Pesawat di Cilacap



TRIBU
NNEWS.COM, CILACAP - Ada yang menarik dalam prosesi pemadaman kebakaran tangki Pertamina UP IV Cilacap beberapa waktu lalu. Sebuah pesawat Foker 27 m

endarat di Badnara Tunggulwulug dengan bantuan lampu dari 250 motor ojek, Sabtu malam lalu. Ini karena Bandara Tunggulwulung tak memiliki lampu penerangan untuk proses

pendaratan pesawat di malam hari.

Keterangan ini disampaikan Kepala Bandara Tunggulwulung, Banggas Silitonga, di kantornya. "Sebenarnya di bandara ini tidak diperkenankan pendaratan malam, namun karena malam itu pesawat yang akan mendarat membawa foam untuk memadamkan tangki Pertamina UP IV yang terbakar, kami harus memersiapkan pendaratan," katanya.

Akhirnya diputuskan untuk mencari sekitar 250 tukang ojek, yang menyalakan lampu sepeda motor di tepi landasan. "Untuk memandu pilot pesawat tersebut yang hendak landing," ujar Banggas

Menurutnya, ide untuk mengerahkan ratusan sepeda motor itu, muncul atas kerjasama pihaknya dengan kepolisian. "Kami kan dituntut untuk memandu mendaratnya pesawat tersebut. Lalu terpikir untuk mengerahkan ratusan sepeda motor, yang terdiri dari tukang ojek maupun warga biasa," imbuh Banggas.

Ia menambahkan, ratusan sepeda motor tersebut, dikoordinasikan oleh pihak kepolisian. "Polisi kan punya bayak kenalan tukang ojek, jadi mereka langsung menghubungi beberapa tukang ojek untuk membantu. Dalam waktu sekitar 30 menit, ratusan sepeda motor yang dikendarai tukang ojek maupun warga biasa sudah berkumpul di sini," jelasnya.

Banggas menerangkan, ratusan sepeda motor berjajar 10 meter dari tepi landasan, menghadap ke selatan, 10 menit sebelum pesawat Foker 27 yang membawa foam pemadam api mendarat. Setelah seluruh lampu sepeda motor dinyalakan, petugas menara bandara Tunggulwulung melakukan komunikasi dengan pilot, apakah cukup penerangan dari lampu sepeda motor untuk memandu pendaratan pesawat.

"Setelah pilot menyatakan oke, mendaratlah pesawat Foker 27 dari Jakarta tersebut dengan aman. Saya salut dan bangga atas bantuan dari masyarakat. Saya lihat mereka tidak takut ketika pesawat mendarat, padahal jaraknya relatif dekat dengan pesawat," ucap Banggas.

Kapolsek Jerukwangi, AKP Fauzan Widiarto, yang berkoordinasi dengan pihak Bandara Tunggulwulung, menjelaskan bahwa ratusan tukang ojek dan warga yang dikerahkan untuk membantu proses pendaratan Foker 27 itu mendapatkan imbalan Rp 20.000 per orang.

"Itung-itung mereka ngojek mas. Tapi pada dasarnya mereka sangat tertarik untuk membantu pendaratan pesawat tersebut. Mungkin karena ingin kebakaran di tangki minyak Pertamina Cilacap cepat selesai. Karena ini juga bencana nasional kan," papar Fauzan, yang diwawancara terpisah.

Fauzan menambahkan, tukang ojek dan warga juga turut memandu proses lepas landas pesawat Foker 27, ketika selesai membongkar muatan foam pemadam api di Bandara Tunggulwulung. "Proses bongkar muatan foam berlangsung sekitar 45 menit. Lalu ketika pesawat hendak meninggalkan Bandara Tunggulwulung, ratusan tukang ojek dan warga yang membawa sepeda motornya, kembali memandu pesawat tersebut lepas landas. Prosesnya sama ketika memandu pesawat itu mendarat," tandas


Laporan Reporter Tribun Jogja, Hendy Kurniawan
Editor: Prawira Maulana   |  Sumber: Tribun Jogja
Akses Tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat m.tribunnews.com

Keselamatan Penerbangan



Oleh :
Hari Laksono
Alumni Aviation Safety Management USC, Mantan Direktur Utama IPTN.

Amankah transportasi penerbangan di Indonesia?Jawabannya, bila menggunakan standar global, adalah tidak.

Demikian tulis salah satu majalah mingguan yang gencar menulis mengenai masalah transportasi udara kita baru-baru ini. Jawaban yang lebih tepat sebenarnya adalah tidak tanpa perlu menambahkan bila menggunakan standar global karena industri penerbangan adalah industri global.

FAA yang menjadi acuan industri penerbangan global, pada 16 April 2007 telah menurunkan peringkat Indonesia ke kategori 2 atau a Failure karena regulator Indonesia tidak memenuhi standar pengawasan keselamatan penerbangan yang ditetapkan ICAO, badan khusus PBB yang menangani permasalahan penerbangan sipil antarnegara.

Keselamatan penerbangan
Industri penerbangan adalah industri global. Keselamatan merupakan prioritas utama di dunia penerbangan. Kiblat industri yang sarat teknologi tinggi ini adalah ke Barat (AS dan Eropa Barat), tempat pesawat terbang dilahirkan dan dibesarkan selama lebih dari 100 tahun ini.

Badan Penerbangan Federal AS, FAA, yang memandu industri penerbangan AS, menjadi acuan bagi otoritas penerbangan sipil pada semua negara di dunia. Tugas dan tanggung jawab yang diberikan Kongres AS kepada FAA pada saat diresmikannya tahun 1958 ini menjelaskan mengenai apa itu keselamatan penerbangan dan apa tugas dan tanggung jawab regulator atau otoritas penerbangan suatu negara.

Kongres AS menugaskan FAA untuk memastikan derajat keselamatan yang paling tinggi dalam penerbangan (to assure the highest degree of safety in flight). FAA bertanggung jawab memberikan nasihat, bimbingan, dan pengawasan (advice, guidance, oversight) dalam bidang keselamatan kepada industri penerbangan AS.

Ada tiga unsur yang memberikan kontribusi pada keselamatan penerbangan. Pertama, pesawat terbangnya sendiri, bagaimana pesawat itu didesain, dibuat, dan dirawat. Kedua, sistem penerbangan negara, airport, jalur lalu lintas udara, dan air traffic controls. Ketiga, airlines flight operations yang berkaitan dengan pengendalian dan pengoperasian pesawat di airlines.

Dengan demikian tanggung jawab regulator penerbangan suatu negara adalah memastikan keselamatan penerbangan pada tingkat yang tertinggi pada ketiga unsur tersebut. Itulah sebabnya ketika terjadi kecelakaan beruntun awal 2007 lalu, FAA menjatuhkan penilaiannya kepada regulator atau otoritas penerbangan Indonesia, bukan kepada maskapai penerbangannya.

Kategori dua
Penilaian ini diberikan oleh FAA pada 16 April 2007, satu bulan setelah kecelakaan pesawat Boeing 737-400 Garuda di Yogyakarta. FAA menurunkan peringkat kompetensi regulator penerbangan sipil Indonesia ke kategori dua, yaitu a failure atau tidak lulus karena tidak memenuhi standard ICAO. Dengan kata lain tidak bisa menjamin keselamatan penerbangannya.

Hanya ada dua kategori dalam standar keselamatan penerbangan global, yaitu kategori 1, a pass (lulus), dan kategori 2, a failure (tidak lulus). Bila regulator atau otoritas penerbangan suatu negara tidak kompeten, maka seluruh maskapai penerbangan di negara itu pun praktis tidak terjamin keamanannya. Itulah sebabnya setelah mendapat laporan dari FAA, Pemerintah AS mengeluarkan travel warning bagi warganya untuk menghindari menggunakan maskapai penerbangan Indonesia dalam bepergian.

Akan tetapi sebaliknya, jika regulator negara itu lulus atau masuk kategori 1, tapi ditemukan adanya pelanggaran berat pada salah satu atau beberapa airlines di negara tersebut, maka yang terkena sanksi hanya maskapai yang melanggar tersebut, seperti terjadi dengan PIA Pakistan Airlines. Kasus seperti PIA ini mudah dan cepat dapat diselesaikan karena ini murni kesalahan dari maskapai tersebut yang tidak ditemukan di maskapai lainnya.

Apa temuan FAA yang membuat Indonesia tidak lulus? Pada semua rentetan kecelakaan yang terjadi di Indonesia yang melibatkan pesawat Boeing 737-300/400 tersebut, FAA tidak menemukan adanya kesalahan dari pabrik pesawat Boeing. Dengan pengalaman 297 juta jam terbang dari 4.700 pesawat Boeing 737 yang telah menerbangkan 12 miliar penumpang hingga saat ini, sangatlah kecil kemungkinan masih adanya kesalahan pada desain ataupun proses pembuatan pesawatnya.

Akan tetapi dengan mempelajari dokumen pesawat-pesawat Boeing yang beroperasi di Indonesia pascakecelakaan tersebut, FAA menemukan banyaknya pelanggaran prosedur keselamatan penerbangan yang berulang oleh maskapai penerbangan Indonesia. Ironisnya lolos dari pengawasan otoritas penerbangan Indonesia.

FAA menilai regulator Indonesia tidak memiliki kompetensi yang memadai dalam menerapkan safety oversight sehingga tidak berani mencabut izin operasi maskapai yang melakukan pelanggaran mendasar. Regulator Indonesia juga dinilai terlalu mudah memberikan izin usaha dan operasi penerbangan kepada unsafe airlines yang mengakibatkan tingginya tingkat kecelakaan pesawat terbang di Indonesia.

Tingkat keamanan rendah
FAA dan ICAO mengingatkan bahwa pertumbuhan penumpang pesawat di Indonesia sebesar 20 persen terlalu tinggi dan tidak wajar. Cina yang pertumbuhan ekonominya dua kali lebih tinggi dari Indonesia, pertumbuhan penumpangnya hanya 16 persen. Ini pun dipandang oleh Pemerintah Cina masih terlalu tinggi sehingga Cina berusaha menurunkannya hingga 14 persen. Salah satunya dengan tidak memberikan izin operasi airlines baru hingga tahun 2010. Padahal, transportasi udara Cina saat ini termasuk yang paling aman di dunia.

Untuk menekan tingkat kecelakaan penerbangannya yang saat ini termasuk yang paling tinggi di dunia, Indonesia disarankan menekan pertumbuhan penumpang pesawatnya hingga di bawah Cina. Ini karena pertumbuhan ekonomi Indonesia 6,3 persen, jauh lebih rendah dari Cina (11,4 persen).

Indonesia diharapkan berani mencabut izin operasi maskapai-maskapai yang tidak aman, unsafe airlines. Tentu yang penting juga adalah menghentikan pemberian izin usaha dan operasi airlines baru.

Indonesia selama ini hanya terpaku pada larangan terbang yang dikeluarkan Uni Eropa (UE) sehingga mengabaikan temuan dan penilaian FAA. Padahal, dasar pertimbangan UE menjatuhkan sanksi adalah laporan temuan dan laporan FAA yang menilai Indonesia tidak memenuhi standard keselamatan penerbangan ICAO.

Selama Indonesia masih di kategori 2 dalam penilaian FAA, UE tidak akan mencabut larangan terbangnya. Untuk dapat naik ke kategori 1, tidak ada jalan lain, Indonesia harus mau mendengarkan dan mengikuti saran FAA dan ICAO.

Ikhtisar:
- Perkembangan jumlah penumpang pesawat di Indonesia tak masuk akal.
- Maskapai penerbangan di Tanah Air masih belum mampu memberikan tingkat keamanan yang memadai.

Sumber: Republika Online
Lengkap: http://www.republika.co.id/kolom_detail.asp?id=330929&kat_id=16

Ini Desain Pesawat di 2025 Ala NASA


Click to view another photos...

Ini Desain Pesawat di 2025 Ala NASA
Apapun desainnya, harus memenuhi kriteria yang dipatok NASA. Seperti apa karya ketiga tim?

Senin, 17 Januari 2011, 14:14 WIB
Elin Yunita Kristanti

VIVAnews -- Pada akhir 2010 lalu, Badan Antariksa AS, NASA, memberikan kontrak pada tiga tim yakni Lockheed Martin, Northrop Grumman, dan Perusahaan Boeing untuk meneliti konsep desain canggih pesawat terbang masa depan yang bisa digunakan pada tahun 2025.

Seperti dimuat situs NASA, masing-masing desain pesawat yang dihasilkan tiga tim nampak beda, Namun, apapun desainnya, harus memenuhi kriteria yang dipatok NASA, yakni: tidak berisik, tidak mengeluarkan asap buangan, dan hemat bahan bakar.

Itu artinya, setiap pesawat harus menyeimbangkan semua teknologi canggih dan keramahan lingkungan. NASA juga mengharuskan pesawat masa depan bisa dioperasikan dengan aman dalam manajemen lalu lintas udara yang lebih modern di masa depan...........................

Sumber: VivaNews
Berita Lengkap: http://teknologi.vivanews.com/news/read/199696-nasa-ini-desain-pesawat-masa-depan-tahun-2025


Fokker Kembali Terbangi Kerinci 25 April


SUNGAI PENUH, TRIBUNJAMBI.COM ‑ Maskapai penerbangan Sky Aviation yang membuka jalur penerbangan Bandara Sultan Thaha, Jambi-Bandara Depati Parbo, Kerinci dan sejumlah kota lainnya di Sumatera, diperkirakan akan beroperasi pada 25 April mendatang.

Bupati Kerinci, Murasman pun menyambut gembira kehadiran maskapai itu. Ya, memang benar dalam waktu dekat ini Bandara Depati Parbo akan kembali beroperasi. Rencananya 25 April mendatang, pesawat jenis Fokker 50 milik maskapai penerbangan Sky Aviation akan mulai beroperasi, ujar Murasman kepada Tribun, Kamis (7/4).

Menurut Murasman, Sky Aviation dengan pesawat yang berkapasitas 50 penumpang tersebut, akan mematok harga tiket sekitar Rp 300 ribu hingga Rp 500 ribu, sesuai dengan kelas yang ditawarkan.

Rencananya penerbangan akan dibuka tiga kali dalam seminggu, yakni hari Senin, Rabu, dan hari Jumat. Sementara untuk jam terbangnya akan disesuaikan lagi, dengan kondisi di lapangan nanti, katanya.

Dengan dibukanya penerbangan tersebut, Murasman me minta kepada kalangan pejabat, untuk menggunakan pesawat saat bepergian keluar daerah. Saya minta pejabat untuk memanfaatkan pesawat, jika ada tugas keluar daerah, jelas Murasman.

Lebih lanjut Murasman mengungkapkan, Kabupaten Kerinci ke depannya akan membutuhkan rute pernerbangan. Terutama untuk keperluan dunia pariwisata, even‑even nasional, serta keepeluan tugas yang membutuhkan kecepatan waktu.

Dalam waktu ini saja ada beberapa kegiatan yang membutuhkan penerbangan. Di antaranya Musabaqah Tilawatil Quran tingkat Provinsi Jambi, Festival Masyarakat Peduli Danau Kerinci, serta Lebaran, jelasnya.

Sementara itu, Supervisor PT Sky Aviation, Cen Wendra mengaku, kini pesawat sudah ada di Jakarta. Tinggal menunggu izin dari Bandara Sultan Thaha Jambi dan Bandara Depati Parbo Kerinci. Kita perkirakan akhir bulan ini (April) sudah bisa terbang, katanya.

Maskapai Sky Aviation juga bakal menghidupkan kembali rute domestik yang pernah diterbangi perusahaan penerbangan Riau Airlines yakni Pekanbaru‑Jambi‑Palembang pada akhir April 2011 ini.

Jika tidak ada kendala, akhir bulan ini kami akan terbangi Pekanbaru yang menghubungkan Jambi dan Palembang, kata Manager Marketing Sky Avation, Sutito Zainudin.

Rute yang menghubungkan tiga ibu kota provinsi di Pulau Sumatera, yakni Riau, Jambi, dan Sumatera Selatan itu pernah diterbangi maskapai Riau Airlines dengan pesawat jenis Fokker 50 sekitar tahun 2004, sebelum kemudian dihentikan.

Menurut Sutito, pihaknya menjadwalkan rute itu untuk sementara waktu bakal diterbangi dengan frekuensi tiga kali dalam sepekan yakni setiap Senin, Rabu, Jumat, dan bakal ditambah jika disambut baik oleh pasar.

Pembukaan rute baru itu diharapkan dapat memberikan efek domino bagi pertumbuhan ekonomi di tiga provinsi itu, karena perjalanan melalui udara dinilai lebih cepat dibandingkan jalur darat..........................

Sumber: Tribun Jambi
Berita Lengkap: http://jambi.tribunnews.com/2011/04/08/fokker-kembali-terbangi-kerinci-25-april

Pesawat Boeing di RI Laik Terbang



JAKARTA – Tiga maskapai penerbangan nasional, yakni Garuda Indonesia, Batavia Air, dan Sriwijaya Air, telah menuntaskan inspeksi ulang atas kelaikan fisik pesawat Boeing B737 seri klasik. Hasilnya, tidak ditemukan permasalahan fisik yang bisa mengakibatkan pesawat tidak laik terbang.

Direktur Keuangan Garuda Indonesia Elisa Lumbantoruan menyatakan, sebanyak 18 unit pesawat Boeing 737 yang dioperasikannya telah menjalani pemeriksaan dan dinyatakan layak untuk terbang. Inspeksi dilakukan setelah Garuda menerima services bulletin dari pabrikan Boeing pada Rabu (6/4).

"Seluruh pesawat Boeing yang masuk daftar untuk diperiksa sudah diinspeksi, keseluruhan unit pesawat dalam kondisi prima. Pesawat kami rata-rata cycle-nya masih di bawah 30 ribu. Setelah diperiksa dapat diterbangkan lagi, jadi tidak mengganggu jadual penerbangan," kata Elisa, di Jakarta, Kamis (7/4).

Direktur Keselamatan Batavia Air Muhammad Yamin mengatakan, pihaknya pada hari Rabu (6/4) selesai menjalani inspeksi visual pada satu unit pesawat Boeing 737-300. Pemeriksaan meliputi inspeksi visual terhadap badan pesawat sesuai yang diarahkan oleh perusahaan pabrik pesawat Boeing. Karena tidak ada masalah, maka pemeriksaan dianggap selesai.

"Satu unit telah diperiksa mulai Selasa malam hingga Rabu siang tidak ditemukan masalah dan sudah diterbangkan kembali. Satu unit lainnya juga telah menyusul diperiksa dan telah selesai," ujar Yamin.

Menurut Yamin, setelah inspeksi visual dilanjutkan dengan pemeriksaan non destruction test (NDT) dengan bantuan alat khusus untuk mencari keretakan metal yang tidak bisa dilihat secara visual. Agar lebih aman, Batavia memutuskan mengandangkan satu unit pesawat Boeing 737 karena belum sempat diaudit. Yamin menambahkan, selama pemeriksaan pesawat tersebut, Batavia menjalani operasi penerbangan dengan pesawat pengganti yang telah disiapkan, sehingga layanan penerbangan tetap sesuai jadwal.

Juru bicara Sriwijaya Air Agus Soedjono memastikan dua pesawat Boeing 737-300 milik Sriwijaya Air tetap melayani penumpang............................

Sumber: Investor Daily
Berita Lengkap: http://www.investor.co.id/infrastructure/pesawat-boeing-di-ri-laik-terbang/9285

Kaltim Airlines Terbang Perdana Agustus


SAMARINDA. Kepastian adanya perusahaan penerbangan di Kaltim yang akan dinamai Kaltim Airlines akan mulai serius digarap, dan jika sesuai dengan rencana, penerbangan pertama akan dilakukan Agustus ini.
Hal ini diutarakan oleh Pimpinan Consulting Partner PC Aero, Samudra Sukardi.

Menurutnya, Kaltim sudah harus bersiap-siap melanjutkan rencana pendirian Kaltim Airlines tersebut.
Penggabungan pihak terkait rencananya berbentuk Kaltim Aviation Holding yang akan diisi jajaran Pemprov Kaltim, pemerintah kota/kabupaten, PC Aero, unsur Perusda Melati Bhakti Satya (MBS) dan pemilik Air Operator Certificate (AOC).

Menurut Sukardi, Bandara Sepinggan Balikpapan akan menjadi bandara pengumpul dan Bandara Samarinda Baru (BSB) akan menjadi bandara pengumpan Kaltim Airlines melalui BSB/Temindung yang rencananya akan mengalirkan rute penerbangan menuju Bandara Nunukan, Bandara RA Bessing Malinau, Bandara Sangkimah Kutai Timur, Bandara Tanjung Harapan di Tanjung Selor Bulungan, Bandara Melalan Sendawar (Melak) di Kutai Barat, Bandara Datah Dawai di Kutai Barat, Bandara Long Bawan Nunukan, Bandara Long Ampung di Malinau, Bandara Paser dan Bandara Bontang.

Untuk tahap awal, jumlah pesawat yang disarankan adalah 5 pesawat. Tipe yang akan menjadi pilihan diantaranya DHC8-100, CN 235-220, C 212-300, Carravan 208b dan Y12.

Waktu yang dipersiapkan menuju penerbangan perdana ditargetkan selesai April. Pemilihan dan kerjasama dengan AOC diselesaikan Mei, proses penyediaan dan sewa pesawat, Juni hingga Juli. Jika semua berjalan mulus, maka Agustus tahun ini penerbangan pertama Kaltim Airlines sudah dapat diwujudkan, terang Sukardi.

Mantan Direktur Utama Garuda tersebut, menyebutkan ada 3 poin penting yang harus disepakati jika menginginkan pendirian Kaltim Airlines berjalan sukses. Pertama, berkaitan dengan kesamaan tujuan dan motivasi seluruh komponen daerah untuk mewujudkan Kaltim Air sebagai jembatan udara di Kaltim. Kedua adalah terkait modal kerja atau finansial dan ketiga pengelolaan Kaltim Airlines harus profesional.

Bisnis penerbangan ini tidak ada yang economic skill, semua memerlukan permodalan yang kuat. Pemprov dan Perusda harus segera menemukan solusi untuk itu. Yang lebih penting lagi, tidak ada istilah titipan pegawai atau apa...............................

Sumber: Samarinda Pos
Berita Lengkap: http://www.sapos.co.id/index.php/berita/detail/Rubrik/15/16321


Dari: Pebisnis Online <bisnisbiasa@yahoo.co.id>
Kepada: instanx.infobiz.kirimboss@blogger.com; instanx.infobiz.kirimboss1@blogger.com; instanx.infobiz.kirimboss2@blogger.com
Cc: miqsancell.kirimboss1@blogger.com
Terkirim: Sab, 9 April, 2011 20:44:37
Judul: Bayi Dibuang di Areal Bandara Soetta

Bayi perempuan yang diperkirakan berumur beberapa hari ditemukan warga tergeletak dalam kantong plastik di pinggir pagar Bandara Soekarno-Hatta, tepatnya di Jalan Marsekal Suryadarma, Selapajang, Neglasari, Kota Tangerang, Jumat (9/4) pagi. Kuat dugaan bayi berkulit hitam itu dibuang ibu kandungnya guna menutup aib karena lahir dari hubungan tidak sah.


Informasi yang dihimpun INDOPOS (JPNN Group)  , bayi malang itu kali pertama ditemukan Tika, 30, warga setempat. Saat itu, dia melintas di sana pukul 05.30 mendengar tangisan suara bayi. Awalnya, dia takut lantaran suara bayi itu berasal dari semak belukar. "Saya sempat kaget saat mendengar suara tangisan karena suasana sepi,"terang Tika, Jumat (8/4).

Lantaran penasaran, dia menelusuri asal-usul suara tersebut. Setelah melihat kantong plastik bergerak-gerak Tika mengambil dan membukanya. Alangkah kagetnya setelah melihat kantong plastik itu  berisi bayi perempuan yang diperkirakan berusia beberapa hari. Selanjutnya, temuan itu dilaporkan kepada warga setempat dan diteruskan ke Polsek Neglasari.
 
Bayi seberat  1,5 kilogram dan tali pusar yang masih basah sempat menjadi tontonan warga sekitar sebelum dibawa petugas ke Rumah Sakit Umum (RSU) Tangerang untuk mendapat perawatan. Hingga saat ini bayi malang tersebut menjalani perawatan secara intensif di ruang Verinatologi, RSU Tangerang. 

Kapolsek Neglasari AKP Nezim mengatakan diduga bayi yang itu dibuang ibu kandungnya. "Kami masih mencari siapa ibu kandung yang tega membuang bayi tersebut ini,"terangnya.

Saat ditanya apakah ada kemungkinan bayi itu anak Tenaga Kerja Indonesia (TKI), Nezim mengaku tidak mungkin. Lantaran, pengawasan TKI saat tiba di Indonesia sangat ketat. "Kalau dibuang wanita malam kemungkinan bisa terjadi," tegasnya.

 

(JPNN.com)

Bayi Dibuang di Areal Bandara Soetta

Bayi perempuan yang diperkirakan berumur beberapa hari ditemukan warga tergeletak dalam kantong plastik di pinggir pagar Bandara Soekarno-Hatta, tepatnya di Jalan Marsekal Suryadarma, Selapajang, Neglasari, Kota Tangerang, Jumat (9/4) pagi. Kuat dugaan bayi berkulit hitam itu dibuang ibu kandungnya guna menutup aib karena lahir dari hubungan tidak sah.


Informasi yang dihimpun INDOPOS (JPNN Group)  , bayi malang itu kali pertama ditemukan Tika, 30, warga setempat. Saat itu, dia melintas di sana pukul 05.30 mendengar tangisan suara bayi. Awalnya, dia takut lantaran suara bayi itu berasal dari semak belukar. "Saya sempat kaget saat mendengar suara tangisan karena suasana sepi,"terang Tika, Jumat (8/4).

Lantaran penasaran, dia menelusuri asal-usul suara tersebut. Setelah melihat kantong plastik bergerak-gerak Tika mengambil dan membukanya. Alangkah kagetnya setelah melihat kantong plastik itu  berisi bayi perempuan yang diperkirakan berusia beberapa hari. Selanjutnya, temuan itu dilaporkan kepada warga setempat dan diteruskan ke Polsek Neglasari.
 
Bayi seberat  1,5 kilogram dan tali pusar yang masih basah sempat menjadi tontonan warga sekitar sebelum dibawa petugas ke Rumah Sakit Umum (RSU) Tangerang untuk mendapat perawatan. Hingga saat ini bayi malang tersebut menjalani perawatan secara intensif di ruang Verinatologi, RSU Tangerang. 

Kapolsek Neglasari AKP Nezim mengatakan diduga bayi yang itu dibuang ibu kandungnya. "Kami masih mencari siapa ibu kandung yang tega membuang bayi tersebut ini,"terangnya.

Saat ditanya apakah ada kemungkinan bayi itu anak Tenaga Kerja Indonesia (TKI), Nezim mengaku tidak mungkin. Lantaran, pengawasan TKI saat tiba di Indonesia sangat ketat. "Kalau dibuang wanita malam kemungkinan bisa terjadi," tegasnya.

 

(JPNN.com)

Karena Asap, 5 Maskapai Tunda Terbang di Bandara Supadio

Sejumlah maskapai di Bandar Udara Supadio Pontianak, Kalimantan Barat, Sabtu (9/4), menunda penerbangan pada pagi hari karena jarak pandang terganggu oleh kabut asap pekat. Lima maskapai itu adalah Lion Air, Sriwijaya Air, Batavia Air, Garuda dan Trigana Air.


Menurut Kepala Dinas Operasi PT Angkasa Pura II Bandara Supadio Pontianak, Irmadani, jarak pandang di bandara di bawah seribu meter. "Sebenarnya pukul 07.00 WIB pesawat Garuda tujuan Jakarta sudah menyatakan siap untuk terbang. Namun, karena pilot masih ragu dengan jarak pandang, Garuda baru bisa berangkat pukul 07.30 WIB," kata Irmadani.

Irmadani menegaskan dengan kondisi jarak pandang 600 hingga 800 meter, Bandara Supadio tidak ditutup karena instrumen penerbangan yang ada di bandara masih bisa menuntun pesawat untuk terbang maupun mendarat.

Hanya saja, kata dia, keputusan untuk melakukan 'take off' dan pendaratan ada di tangan pilot. "Jika pilot tidak bisa melihat lampu penunjuk yang ada di landasan, bisa saja pilot tidak mendaratkan pesawatnya karena faktor keselamatan penerbangan," kata Irmadani.

Irmadani menambahkan, sejauh ini kabut masih belum terlalu mengganggu aktivitas penerbangan. Namun, dengan jarak pandang di bawah 800 meter, banyak keluhan dari para pilot.

"Jika kondisi seperti ini terus dan hujan tidak terjadi, tidak menutup kemungkinan ketebalan kabut akan semakin bertambah. Jika jarak pandang sudah sampai di bawah 400 meter, jelas akan mengganggu penerbangan dan bisa saja bandara akan ditutup," kata Irmadani.

Ia berharap agar pemerintah daerah provinsi dan Kubu Raya untuk bisa cepat menyikapi hal ini agar aktivitas bandara tidak terganggu. "Kalau bandara sudah ditutup yang jelas akan sangat berpengaruh pada perekonomian dan aktivitas di Kalbar," tutur Irmadani

 

 

(Metrotvnews.com)


Jumat, 08 April 2011

Terlalu Tinggi, Penumpang Dipaksa Tinggalkan Pesawat

Terlalu Tinggi, Penumpang Dipaksa Tinggalkan Pesawat

     


TRIBUNNEWS.COM - Maskapai Horizon Air di Amerika Serikat (AS) akhirnya mengaku mendepak penumpang karena kursinya tidak cocok dengan tinggi badannya. Penumpang itu bertinggi 6'9"atau sekitar 206 sentimeter.

Dilansir FoxNews, insiden itu terjadi pada 18 Maret silam dalam sebuah penerbangan dari Portland,Oregon, menuju ke Ontario, California. Dalam suratnya, penumpang itu menulis ke situs Horizon Air, mengatakan, jika ia mencoba duduk di bagian deretab exit untuk mendapatkan ruang tambahan namun tak tersedia ketika membeli tiket.

Sebelum terbang, si penumpang yang identitasnya tak diketahui ini mencoba agar dirinya ditempatkan di bagian exit tetapi seorang agen di maskapai itu mengatakan kaki panjangnya adalah urusan pramugari.

Saat berada di atas pesawat,si penumpang sulit menggerakkan kakinya dan menaruhnya di lorong. Si pramugari jalan dan kakinya tersandung. Saat dijelaskan jika kakinya adalah urusan pelayan di atas pesawat, si pramugari ini marah. Tak berapa lama seorang staf muncul dan mengatakan dirinya harus meninggalkan pesawat.

"Kami meminta maaf atas situasi ini dan kami sudah memberikan kompensasi tiket di penerbangan selanjutnya," jelas juru bicara Horizon Air, Bobbie Egan.

Ini bukan pertama kalinya maskapai memperlakukan buruk penumpang. Lembaga Federal Aviation Administration (FAA) sebelumnya menyelidiki insiden yang terjadi di Spirit Airlines di mana penumpang berbadan tinggi dipaksa berdiri sepanjang perjalanan karena tak bisa pas duduk dengan nyaman.


Penulis: Widya Buana  |   Editor: Widya Buana
Akses Tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat m.tribunnews.com

Lion Air Operasikan Rute Jakarta-Madinah

Lion Air mulai 9 April 2011 mengoperasikan penerbangan langsung  Jakarta – Madinah (Arab Saudi) sebagai upaya perusahaan untuk meningkatkan kualitas  pelayanan dengan menyediakan lebih banyak rute penerbangan dan  kemudahan bagi penumpang khususnya yang akan melakukan perjalanan ibadah haji dan umrah.


Siaran pers Lion Air kepada Kompas.com, Jumat (8/4/2011), menyebutkan penerbangan akan dioperasikan tiap hari Sabtu dan Minggu dengan nomor penerbangan JT 110 rute Jakarta – Madinah, berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta Jakarta pukul 10.35 WIB dan tiba di Bandara Mohammad Bin Abdulaziz Madinah pukul 16.25 waktu setempat. Selanjutnya penerbangan kembali ke tanah air dengan JT 111 yang berangkat dari Jeddah pukul 19.40 waktu setempat dan tiba di Jakarta pukul 09.10 WIB.


Penerbangan langsung internasional Jakarta – Madinah menggunakan pesawat Boeing 747-400 yang merupakan pesawat dengan konfigurasi double deck (dua dek) berkapasitas 506 tempat duduk (22 tempat duduk kelas bisnis dan 484 tempat duduk kelas ekonomi).


Pengoperasian rute baru internasional Jakarta – Madinah akan menambah kenyamanan penumpang, terutama bagi umat Muslim yang ingin melakukan perjalanan ibadah umrah karena Madinah merupakan kota tujuan pertama bagi umat Muslim sebelum melanjutkan ibadah umrah ke kota Makkah. Sehingga dapat menghemat waktu, biaya dan tenaga bagi yang melakukan perjalanan ibadah umrah.


Kelebihan lain adalah kemudahan dalam proses administrasi di bandara yang tidak memakan waktu lama, dibandingkan dengan Bandara King Abdul Aziz, Jeddah proses pengurusan administrasi memerlukan waktu lebih lama karena penumpang akan ditempatkan di terminal haji yang cukup padat. (*)

(Kompas.com)

Bandara Husein Punya ILS Lagi


Bandara in Sastranegara di Bandung akan dilengkapi lagi dengan pemandu pendaratan pesawat jenis Instrument Landing System (ILS) lagi. Demikian  disampaikan Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Tris S Sunoko di sela prosesi positioning flight pesawat A320 di Bandara Husein Sastranegara, Selasa (6/4/2011). ILS merupakan alat bantu navigasi untuk memandu turun-naiknya pesawat di landasa pacu. Dengan ILS, ketepatan pemanduan pesawat saat mendarat dan mengudara menjadi lebih baik.

Menurut Tri, ILS diperlukan karena setelah proses pengerasan landasan pacu, bandara ini siap didarati pesawat yang lebih besar sekelas Airbus A320. Beberapa maskapai sudah siap mengoperasikan pesawat tersebut di Bandung, diantaranya adalah Indonesia AirAsia.


Sebenarnya bandara ini sudah mempunyai ILS. Namun operasionalnya terganggu dengan adanya Gunung Bohong di dekat bandara. Pada tahun 2004, ILS bandara ini diangkut ke Banda Aceh, untuk membantu operasional bandara di sana pascagempa dan tsunami. Di Bandara Husein alat bantu navigasinya diganti dengan yang lebih rendah yaitu  VOR (Very high Omni directional Range).


Menurut Tri Sunoko, pemasangan ILS ini menunggu perpanjangan landasan pacu bandara dan pengeprasan Gunung Bohong selesai dilakukan. Rencananya landasan pacu Bandara Husein akan diperpanjang sekitar 300-an meter sedangkan Gunung Bohong akan dikepras sekitar 20-an meter. "Mudah-mudahan tahun depan sudah bisa dilaksanakan dan dipasang (ILS-nya)," ujar Tri lagi.

(Kompas.com)


Cara Unik Menjelajah Nusantara


Sabtu, 9 April 2011, 06:51 WIB
Finalia Kodrati

VIVAnews - Melakukan perjalanan menjelajahi Indonesia dengan mobil maupun pesawat atau kapal laut mungkin sudah terdengar biasa. Tetapi, bagaimana kalau mengelilingi nusantara dengan mengendarai motor. Tentu akan terasa beda dan unik.

Setidaknya itulah pemandangan yang terlihat saat seorang bikers bernama Wulung Damardoto dan sahabatnya, Aditya Birawa mengelilingi nusantara dengan sepeda motor.

Petualangan ini dimulai dengan mengunjungi Palembang. Kemudian ia meneruskan perjalanan ke Bangka, Pekan Baru dan Batam. Mereka akan  menempuh jarak 19.100 km dengan memakan waktu 184 hari.

Ia merasa menemukan sensasi yang berbeda dan menemukan banyak pengalaman yang berarti saat melakukan perjalanan dengan motor. Mereka menemukan berbagai pemandangan dan juga pengalaman unik lainnya yang tak mungkin mereka temui jika melakukan perjalanan dengan kendaraan lainnya.

Dan pastinya, akan lebih memiliki tantangan serta memacu adrenalin. Ini menjadi sensasi tersendiri dalam menikmati pemandangan alam Indonesia.

"Bisa melihat pemandangan langsung. Ini suatu yang seru," kata Wulung singkat.

Dan petulangan itu bukan hanya sekedar menjelajahi nusantara dengan mengendarai motor saja. Tetapi, keduanya berusaha untuk mengeksplorasi kebudayaan dan makanan khas di kota yang mereka singgahi. Mereka ingin mengenalkan budaya tersebut kepada masyarakat agar lebih mengenal kebudayaan daerah dan juga makanan khasnya.

Pada saat ke Batam, dua sahabat tersebut juga sempat mengunjungi Sop Ikan Yonkee yang memang sangat terkenal di pulau tersebut serta Bingka yang merupakan oleh-oleh khas Batam.

"Saya ingin menyumbang sesuatu. Ini bisa dibilang berwisata kuliner juga," ucap pria yang akrab disapa Mas Ungki ini.

Dan ia tak hanya berdua dalam memperkenalkan hasil kebudayaan suatu daerah yang mereka singgahi. Artis-artis ternama juga akan diundang untuk mendampinginya. Salah satunya adalah Artika Sari Devi. Istri dari Baim ini mengaku senang bisa ikut mempromosikan kebudayaan suatu daerah. (pet)


17 Pesawat Baru, Garuda Rogoh 125 Juta Dollar



TRIBUNNEWS.COM/HENDRA GUNAWAN


Armada Garuda di Bandara Soekarno Hatta. Pesawat Garuda Indonesia jenis Boeing 737-800 NG yang menggunakan logo lama Garuda, yaitu strip merah yang digunakan pada era tahun 1960 hingga 1980-an.

TERKAIT:

JAKARTA, KOMPAS.com - Hingga akhir tahun ini, PT Garuda Indonesia Tbk merencanakan untuk membelanjakan dana hasil go public untuk mengadakan sebanyak 17 unit armada modern. Pesawat-pesawat canggih tersebut terdiri dari Boeing 737-800 Next Generation, Airbus A330-200 dan Airbus A320 buatan terbaru.

Direktur Keuangan Garuda Elisa Lumbantoruan mengatakan, untuk pengadaan pesawat tersebut, Garuda telah membelanjakan dana hasil initial public offering (IPO) sebesar 120-125 juta dollar AS.

Dana tersebut merupakan bagian dana sebesar 350 juta dollar AS yang diterima saat IPO. Ke-17 pesawat tersebut terdiri dari sembilan unit Boeing 737-800 NG, dua unit Airbus A330-200 dan enam unit Airbus A320.

Dari sembilan Boeing 737-800 NG, menurut Elisa lima pesawat diantaranya adalah pesawat yang statusnya beli, sedangkan 12 unit lainnya berstatus sewa. "Pengadaannya sekitar 24 bulan, jadi akan datang pada akhir 2013 mendatang," kata Elisa di Jakarta, Kamis (7/4/2011).

Dijelaskannya, empat Boeing 737-800 NG dan dua unit Airbus A330 bersama lima unit Boeing 737-800 NG yang telah dipesan tahun lalu segera sampai di Indonesia pada tahun ini.

Sementara enam Airbus A320 juga diproyeksikan hadir mulai semester kedua 2011 untukmemperkuat armada Citilink, salah satu unit bisnis strategi Garuda. Citilink dioperasikan dengan konsep low cost carrier (LCC). Berbeda dengan dengan Garudayang memiliki layanan penuh, Citilink tidak memberikan layanan makanan secara gratis diatas pesawat atau no frill.

Citilink diproyeksikan menjadi salah satu pesaing maskapai-maskapai lain yang telah sukses dengan layanan LCC seperti Lion Air dan Indonesia AirAsia. Dengan armada-armada baru tersebut, Garuda tahun ini akan melakukan ekspansi penerbangan baik penebalan rute penerbangan maupun pembukaan rute-rute yang selama ini belum diterbangi maskapai BUMN tersebut. Salah satu rute yang akan digarap antara lain Jakarta-Taiwan, Jakarta-Manila dan Jakarta-India (antara Madras dengan New Delhi) dengan menggunakan Airbus A330.

 


PM Inggris Naik Pesawat "Bertiket Murah"

Telegraph David dan Samantha Cameron sedang menunggu penerbangan mereka di ruang tunggu keberangakatan.

Foto:

LONDON, KOMPAS.com -  Perdana Menteri Inggris, David Cameron dan istrinya Samantha, terbang ke Spanyol dengan pesawat "bertiket murah" untuk berlibur selama dua hari. Liburan dua hari pasangan itu untuk merayakan ulang tahun ke-40 Samantha, kata satu sumber pemerintah, Kamis (7/4).

Pasangan tersebut pergi ke Spanyol naik "pesawat dengan tiket murah", kata sumber itu, saat ia membantah laporan pers Spanyol bahwa itu adalah pesawat easyJet.

Surat kabar Spanyol, El Pais, melaporkan pasangan tersebut tiba di bagian selatan Spanyol, Rabu (6/4) larut malam, dan kemudian pergi naik mobil ke kota bersejarah Granada, tempat benteng Alhambra berada, yang dibangun oleh penguasa Moor pada abad pertengahan di Spanyol. Pasangan itu menginap di satu hotel "kelas menengah", kata laporan tersebut, dan mereka dijadwalkan kembali ke London, Jumat ini.

Samantha Cameron memasuki usia 40 tahun pada 18 April. Itu adalah liburan pertama mereka ke luar negeri sejak Cameron memangku jabatan pada Mei tahun lalu. Pada musim panas lalu, liburan keluarga tersebut di Cornwall, bagian barat-daya Inggris, terganggu ketika Samantha melahirkan seorang bayi perempuan.

Pasangan itu memiliki tiga anak. Anak pertama mereka, Ivan, yang menderita kelumpuhan otak besar dan epilepsi parah, meninggal secara mendadak pada Februari 2009, dalam usia enam tahun. Istri Wakil Perdana Menteri Nick Clegg, Miriam Gonzalez adalah warganegara Spanyol dan mereka biasa menghabiskan liburan musim panas mereka di Spanyol.

Kamis, 07 April 2011

Fakta-Fakta Tentang Airbus A380



Pesawat Qantas Airbus A380 mengalami gangguan mesin dan melakukan pendaratan darurat dengan selamat di Bandara Changi, Singapura pada pukul 11.45 waktu setempat. Berikut fakta-fakta pesawat A-380:

Pesawat Airbus seri A380 merupakan pesawat penumpang terbesar di dunia yang mampu membawa 500 penumpang.

Pesawat ini melakukan penerbangan perdananya pada tahun 2005, dan Singapore Airlines merupakan maskapai pertama yang mengkomersialisasi A380 dengan tujuan Singapura-Sydney pada 2007.

Pengiriman pesawat jet A380 untuk penerbangan komersial sempat mengalami penundaan beberapa kali. 234 pesawat telah dikirimkan kepada pemesan pada Oktober 2010, dan 37 pesawat telah beroperasi di seluruh dunia.

Pada September 2009, Singapore Airlines A380 terpaksa kembali ke Paris saat akan melakukan penerbangan ke Singapura, setelah satu dari empat mesin jetnya gagal beroperasi. Pesawat superjumbo ini memang dirancang mampu terbang hanya dengan tiga mesin. Pesawat A380 bisa terbang 15.200 km (9.424 mil) tanpa berhenti.

Pada tahun 2006, produksi A380 sempat terkendala karena sistem kabel jaringan yang dibuat di Hamburg, Jerman, ternyata tidak cocok untuk dipasang di pesawat yang diproduksi di Touluse, Prancis.


Merpati Tetap Tambah 7 Pesawat Boeing 737

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang jasa penerbangan, PT Merpati Nusantara Airlines (Persero), berencana menambah pesawat tipe Boeing 737 seri klasik pada tahun ini. "Kami akan menambah sekitar tujuh pesawat tersebut pada tahun ini," kata Direktur Utama Merpati Sardjono Jhony Tjitrokusumo, , Kamis (7/4).Sebelumnya, Kementerian Perhubungan RI meminta sejumlah maskapai penerbangan memeriksa kondisi pesawat Boeing 737 seri klasik yang dioperasikan. Instruksi tersebut muncul pasca terjadinya retakan pada atap pesawat tipe tersebut milik maskapai Southwest Airlines beberapa waktu lalu. Keretakan tersebut diduga dipicu oleh tekanan udara di kabin setelah ribuan kali lepas landas.

Insiden tersebut mendorong Badan Penerbangan Federal Amerika Serikat (FAA) meminta pemeriksaan pada pesawat tersebut. Pengumuman dari FAA tersebut berlaku bagi 175 pesawat di seluruh dunia, termasuk 80 pesawat yang berbasis di Amerika Serikat.

Walau ada permasalahan tersebut, Merpati belum berencana menunda penambahan pesawat. Menurut Jhony, kondisi pesawat tergantung pada perawatan yang dilakukan masing-masing maskapai. "Dilihat juga pesawat tersebut buatan tahun berapa. Apakah mereka juga sudah melakukan pemeriksaan rutin, dan lainnya," kata Jhony.

Menurutnya, Indonesia memiliki regulasi jelas bagi maskapai yang mau melakukan pengadaan pesawat. Pesawat yang sudah berumur di atas 20 tahun tidak boleh dimasukkan ke Indonesia. Jika usia pesawat belum sampai 20 tahun, maka boleh dimasukkan dan dipakai hingga berusia 35 tahun.

Sementara, pesawat yang rencananya didatangkan Merpati rata-rata buatan tahun 1995, dan tergolong pesawat berumur muda di dunia penerbangan. Pesawat tersebut bertipe Boeing 737 Classic Series (300/400/500) dan diperoleh Merpati melalui sewa.

Pasca keluarnya instruksi dari Kementerian Perhubungan, Merpati juga langsung melakukan pemeriksaan terhadap pesawat Boeing 737 yang dimiliki perusahaan. Hingga saat ini, tercatat ada 11 pesawat Boeing 737 seri klasik yang dimiliki Merpati. Sebanyak 9 pesawat dioperasikan, dan 2 pesawat sedang 'grounded'. "Saat ini, beberapa pesawat sudah dilakukan pemeriksaan dan kami belum menemukan kerusakan," kata Jhony.


Sumber : http://www.infopenerbangan.com/berita/nasional/3091-merpati-tetap-tambah-7-pesawat-boeing-737-.html

Lima Desa Tergusur Perluasan Bandara Soekarno-Hatta

Pemerintah Kabupaten Tangerang memastikan sebanyak lima desa di Kecamatan Teluk Naga akan terkena perluasan Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Lahan di lima desa tersebut seluas 1.000 hektare dan akan dibebaskan mulai tahun depan.

Kepala Dinas Tata Ruang Kabupaten Tangerang, Akip Syamsudin, mengatakan kelima desa tersebut adalah Desa Teluk Naga, Bojong Renged, Kebon Cau, Rawa Rengas, dan Rawa Burung.

"Masing-masing desa hanya sebagian saja yang akan diambil untuk perluasan bandara," ujar Akip kepada Tempo, Kamis (7/4).

Akip mengatakan saat ini pihaknya sedang menyiapkan tahapan-tahapan untuk membebaskan lahan, salah satunya dengan menyusun Tim Sembilan pembebasan lahan. Mengenai besarnya anggaran untuk pembebasan lahan, Akip mengatakan hal itu bisa diketahui setelah Tim Sembilan terbentuk dan melakukan survei di lapangan.

Pembebasan lahan tersebut rencananya untuk pembangunan landasan pacu (runway) bandara Soekarno-Hatta yang ketiga. Bagi Kabupaten Tangerang, perluasan bandara Soekarno-Hatta di wilayah itu akan mendukung program pembangunan Kota Baru Pantura dengan cara mereklamasi 9.000 hektare laut yang akan dilakukan dalam waktu dekat ini.


Sumber : http://www.infopenerbangan.com/berita/nasional/3090-lima-desa-tergusur-perluasan-bandara-soekarno-hatta-.html

Kiat mendapatkan tiket pesawat murah


Jika Anda seorang penghobi traveling, terutama juga sering menggunakan pesawat terbang untuk melakukan perjalanan, tentu Anda sangat ingin bisa mendapatkan harga tiket pesawat murah. Artikel yang dibuat oleh Vari dibawah ini bisa Anda jadikan sebagai kiat untuk mendapatkan tiket pesawat terbang dengan harga murah sehingga perjalanan yang Anda lakukan bisa lebih hemat biaya.


TIPS MENCARI TIKET MURAH, MAU?

Oleh : Vari Sapi Lucu

"Gimana sih Var caranya beli tiket pesawat murah gitu? Kok kayaknya sering banget dapet?"

Sebenarnya saya juga bingung menjawabnya. Saya sendiri merasa tidak selalu beruntung dapat tiket harga murah ataupun promo. Kadang kalau sudah pengen jalan, ya udah deh beli walaupun harga normalnya, tidak bisa dibilang murah, maka dikorbankan pengeluaran lainnya dengan misalkan cari penginapan yang lebih murah supaya agak seimbang secara anggaran.

Perkenalan saya dengan beberapa maskapai murah meriah, kita sebut saja begitu ya para Low Cost Carrier ini, dimulai sejak munculnya maskapai murah meriah yang terkenal dari Malaysia itu di Indonesia, saya lupa tahun berapa itu tapi yang jelas mungkin saya salah satu pembeli tiket pertama rute Jakarta - Johor Bahru (yang sekarang sudah tidak ada).

Kemudian baru saya mulai melirik maskapai A, B, C dan almarhum Adam Air untuk penerbangan domestik lokal. Selama ini jujur saja sebagai pemegang Frequent Flyer Platinum maskapai nasional kita yang saya tahu cuma naik maskapai itu kemana-mana, mau domestik, international flight, semua pakai maskapai nasional kita itu. Juga semua booking yang saya lakukan masih manual, lewat travel agent, belum ngetop juga yang namanya beli tiket pesawat online.

Tapi sejak maskapai murah meriah dari Malaysia itu membuka penjualan tiket pesawat online di Indonesia, wah mulai deh melek mata saya. Sebagai orang yang cukup technology & internet savvy, saya rajin berat mantengin internet, mau di kantor maupun rumah. Google jadi sahabat akrab kalau udah urusan jalan-jalan. Saya tidak pernah baca buku travel guide kalau mau merencanakan trip, selalu googling. Termasuk juga urusan cari maskapai murah meriah ini.
  1. Daftarkan email anda untuk mendapatkan promosi dari maskapai. Saya memulainya dengan satu-persatu website maskapai murah meriah dari berbagai negara saya koleksi dan saya daftarkan 1 alamat email yang saya dedikasikan untuk urusan jalan-jalan. Hal ini menjadi salah satu upaya saya untuk 'menangkap' promo terbaru apa yang ada di maskapai murah meriah tersebut. Semua website maskapai yang sekiranya cukup penting saya bookmark agar mudah mencarinya jika saya butuhkan. Plus siap-siap begadang kalau sudah terima email pengumuman sale yang biasanya dibuka perdana dari tengah malam, umumnya akan sulit login ke website tersebut jadi waktu favorit saya adalah sekitar pukul 2-4 dini hari untuk berburu saat sale tersebut.
  2. Tentukan tujuan berlibur atau jalan-jalan. Kalau tidak begitu bisa jadi susah juga mau cari promo tiketnya maupun untuk menentukan anggaran. Akan tetapi memang kadang begini, kalau ada maskapai yang sedang mengadakan sale, jadilah kita kalap cari tiket kemana saja, asal dapat yang murah. Ya kan? Menurut saya apalagi kalau keuangan sangat menentukan keputusan untuk berlibur maka sebaiknya 'tahu diri'. Jadi seleksi saja sendiri email promo dari maskapai mana yang kira-kira ingin diambil.
  3. Hafalkan atau paling tidak punya kalender libur nasional 1 tahun ke depan. Bukannya mau jadi peramal, tapi seringkali promo tiket yang diberikan bisa dibeli makin murah untuk tahun depan. Saya sering sekali membeli tiket 6 hingga 8 bulan sebelum keberangkatan. Gila murahnya. Seperti waktu saya pergi ke Laos, saya beli 11 bulan sebelumnya dengan tiket promo pulang pergi berdua suami ke Vientiane via KL hanya Rp 2,1 juta! Tapi jangan lakukan ini kalau anda tidak punya keleluasaan ambil cuti kantor seperti saya atau berniat untuk hamil ataupun punya riwayat penyakit berat.
  4. Punya peta dunia atau google maps juga boleh. Saya kebetulan punya background geografi yang cukup bagus karena saya memang suka mengamati peta dari kecil, kebiasaan yang ternyata sangat membantu saya ketika sudah sering jalan. Saya bisa banget baca peta, dan menurut saya ini esensial banget kalau mau jadi traveler. Fungsinya punya peta dunia adalah supaya dapat membayangkan jarak yang harus ditempuh dari satu kota ke kota lain, atau mencari option kota transit yang lebih baik bisa juga untuk mencari kira-kira kota mana lagi yang bisa ditempuh bersamaan dalam satu trip. Ini penting, apalagi kalau kita ingin jalan darat dengan kereta atau bus, supaya langkah berikutnya dalam mencari moda transpor lebih mudah.
  5. Punya Kartu Kredit. Ini sebenarnya tidak terlalu wajib. Umumnya kalau tiket pesawat yang harus dibeli online itu mewajibkan pemilik kartu kredit untuk ikut dalam perjalanan tersebut. Saran saya, miliki 1 kartu kredit khusus traveling yang dapat bermanfaat kembali nilai point-nya untuk dapat free flight / mileage lagi plus memiliki akses ke Executive Lounge. Ini lumayan untuk sekedar beristirahat di bandara domestik kita, apalagi kalau pesawat tiba-tiba delay. Rekomendasi saya adalah beberapa kartu kredit yang joint promo dengan maskapai. Umumnya semua akan menawarkan point belanja berupa mileage yang dapat di-redeem menjadi penerbangan tertentu. Saya sudah pernah jalan-jalan gratis ke Padang, Singapura, Sydney dan Bali berkat tukar mileage kartu kredit.
  6. Teliti dengan jam penerbangan jika ingin melakukan perjalanan point to point (tujuan menyambung) dalam 1 hari. Maksudnya perjalanan point to point adalah, misalkan tujuan utama Anda adalah ke Hong Kong menggunakan maskapai A, namun karena tidak ada rute langsung dari Jakarta ke Hong Kong dengan maskapai tersebut melainkan misalnya dari KL baru ada, maka Anda harus ambil penerbangan dari Jakarta ke KL dahulu baru setelah itu KL ke Jakarta. Kalau ternyata jam penerbangannya dalam satu hari terlalu berdekatan, sisakan waktu paling tidak 4-5 jam untuk jeda point Jakarta-KL dengan point KL-Hong Kong, karena Anda harus mempertimbangkan proses imigrasi dan pengambilan bagasi begitupun dengan proses check-in, imigrasi dan boarding penerbangan point selanjutnya.
  7. Teliti dalam membeli layanan tambahan dalam penerbangan. Maskapai murah meriah kini kerap menggunakan berbagai cara untuk menjebak pelanggan agar membayar lebih untuk berbagai fitur atau layanan tambahan. Yang dimaksud dengan menjebak disini adalah, mengeluarkan berbagai komponen yang semula merupakan layanan pasti jika kita membeli tiket pesawat di maskapai besar dan memberikan ekstra biaya agar kita memperoleh layanan tersebut. Layanan tambahan yang kini harus berbayar adalah:
    • Bagasi 15 kg (dan lebih), makin berat bagasinya makin mahal biayanya, aturan tas tangan yang masuk kabin kini makin ringan, hanya 7 kg untuk maskapai terkenal murah meriah dari Malaysia itu dan umumnya 10 kg untuk maskapai lain.
    • Makanan dan minuman. Kalau untuk perjalanan domestik mungkin tidak terlalu berat membayar dalam rupiah, namun jika perjalanan keluar negeri itu kita akan dikenakan biaya sesuai dengan mata uang negara keberangkatan, jatuhnya akan lebih mahal untuk makanan atau minuman yang sama.
    • Nomor tempat duduk. Mau duduk di samping jendela atau dimanapun jika Anda mau pilih nomor sendiri kini bisa dikenakan biaya tambahan.
    • Asuransi. Jika sudah punya asuransi perjalanan sendiri, sudah tentu tidak perlu membeli lagi namun jika untuk perjalanan cukup jauh, saya sarankan membelinya.
  8. Rajin datang ke Pameran Wisata/Travel Expo. Umumnya pameran ini diselenggarakan 3-4 kali dalam setahun. Sepengamatan saya umumnya di bulan November, Maret, Mei dan Agustus. Jadi rajin-rajinlah mencari info tentang pameran ini, biasanya kalau di Jakarta diadakan di Jakarta Convention Center. Tapi kadang juga ada di mal besar kawasan Kelapa Gading ataupun Senayan. Pada saat pameran ini justru saatnya promo berbagai maskapai internasional menawarkan harga tiket yang cukup murah. Dengan kualitas layanan yang lebih baik rasanya harga promo yang ditawarkan tidak kalah murah dengan maskapai-maskapai murah meriah itu.
  9. Ikutan milis traveling. Ini cukup membantu karena banyak sekali info yang bisa didapat untuk perjalanan murah meriah tidak hanyak promo tiket pesawat. Plus Anda bisa bertanya pengalaman para peserta forum/milis mengenai maskapai yang Anda ingin tumpangi. Lumayan survei gratis kan.

Sumber : KLIK DISINI


Mau booking tiket pesawat sekaligus menjadi agen penjualan tiket pesawat secara online, murah, mudah, dan cepat? KLIK DISINI untuk mendapatkan informasi selengkapnya.


DAFTAR MEMBER PENERIMA KOMISI BIROTIKET Per 7 April 2011


.
No Tanggal Username Nama Bank Di Transfer
1.07-04-2011
15:38:40
newasiaAsia TravelBCA 250806,-
2.07-04-2011
15:35:49
BANJIRDUIT RAMLI,SEMANDIRI-PETTARANI88135,-
3.07-04-2011
15:32:33
mawartourRusmiatiBCA56128,-
4.07-04-2011
15:30:42
agentiketJaenal AsroriBNI 58136,-
5.07-04-2011
15:26:41
AlivaRudhy KS BCA59320,-
6.07-04-2011
15:25:24
biro87i komang puspatriBCA-Gatot subroto de75652,-
7.07-04-2011
15:24:09
MelantonoD. Melantono LahanjoMandiri 89366,-
8.07-04-2011
15:22:05
MUSYMA M. Syukri MachmudBCA69280,-
9.07-04-2011
15:17:48
banjirduit2Muhammad Iqbal S.BCA Cabang Melawai -96215,-
10.07-04-2011
15:16:35
admintiketBeniBCA - Cikande 55086,-
11.07-04-2011
15:13:56
agen150ribu M. Iqbal SainBNI Cabang Bekasi60147,-
12. 07-04-2011
15:11:14
tg.uban01RIDWAN PANGARIBUANMANDIRI-TANJUNG UBAN51270,-
13.07-04-2011
15:10:09
rahmidianRahmidian Ajinandari Bank Mandiri KCP Bat57582,-
14.07-04-2011
15:08:18
agen150000Tasya Diah SafitriBNI Cabang Bekasi73816,-
15.07-04-2011
15:06:56
angkasajayasutiknoBCA kcp Jajag banyuw 95740,-
16.07-04-2011
15:05:35
akmalicell SamiudinBNI80700,-
17.07-04-2011
15:03:25
dotcomBali TravelBCA-Jakarta81484,-
18.07-04-2011
14:59:11
REIHAMTRAVELREIHAM RAMLIMANDIRI-PETTARANI 51781,-
19.07-04-2011
14:57:22
termurah Diah R.BNI Cabang Bekasi98863,-
20.07-04-2011
14:55:50
ladyethelDiah NovitasariBNI Cabang Bantul104400,-
21.07-04-2011
14:52:56
kw1travelErwindo TariganBCA - YOS SUDARSO 50192,-
22.07-04-2011
14:51:23
ANTHYTRAVEL ARIYANTI ARIEF, SKMMANDIRI-PETTARANI101347,-
23. 07-04-2011
14:49:53
bisnisbiasaTasya D.S.BCA Cabang Melawai -107650,-
24.07-04-2011
14:48:26
cagunjaADMINISTRATOR-01BNI Cabang Bekasi 60660,-
25.07-04-2011
14:46:58
RH-TIKET RH-TIKETBNI-MALANG51000,-
26.07-04-2011
14:45:01
auliaumarAulia UmarBCA73260,-
27.07-04-2011
14:43:55
asiatourAsia ToursBCA 97234,-
28.07-04-2011
14:42:44
cititourEko Yulianto Bank Central Asia - 57600,-
29.07-04-2011
14:41:17
sangalimMuhammad Nur AlimBCA-Mukakuning62658,-
30.07-04-2011
14:38:20
bisniskitaM. Iqbal SainBCA Cabang Melawai - 79600,-
31.07-04-2011
14:35:03
maruly maruly hutagaolBCA Cabang Tebet Bar92784,-
32. 07-04-2011
14:34:01
antatiketANTA UTAMABCA Jakarta61664,-
33.07-04-2011
14:31:45
simbol_onOpri SimbolonBank BCA 105665,-
34.07-04-2011
14:29:33
KASIATI KASIATIBNI60800,-
35.07-04-2011
14:27:34
dalintajumparobah jhonedy sembirbca cab. tg.pinang64420,-
36.07-04-2011
14:21:55
asiatravelAsia TravelBCA Jakarta 105110,-
37.07-04-2011
14:18:05
asiatiket Asia TiketBCA-Senayan104112,-
38.07-04-2011
14:15:57
e-travelMasudMandiri-Balikpapan57560,-
39.07-04-2011
14:14:31
tiketmoerahkartika rukmiBCA-Purwodadi 50944,-
40.07-04-2011
14:12:45
ridhotravel muhammad ridwanBNI Syariah-Makassar76266,-

41.07-04-2011
14:08:51
txtravelTX TravelBCA Senayan 88152,-
42.07-04-2011
14:07:49
grahatiket Graha TiketBCA Ratu Plaza91491,-
43. 07-04-2011
14:06:43
asiatoursAsia ToursBCA Jakarta92690,-
44.07-04-2011
14:05:08
signupTerminal TiketBCA 156029,-
45.07-04-2011
14:03:47
robykho Roby FerbiyantoBCA Bina Nusantara78640,-
46. 07-04-2011
14:01:41
traveling354Fadlia Hidayah SesarMandiri64343,-
47.07-04-2011
14:00:32
MISOLFABUDIE ICHWANUDDIN BCA KCU Makassar67554,-
48.07-04-2011
13:59:10
sekretariatpSekretariat PNJMandiri -UI Depok55720,-
49.07-04-2011
13:58:05
labrea_tikettrirum walianaBCA KCP Pondok Gede 1038600,-
50.07-04-2011
13:51:27
Isnaldi Yahya AldiMandiri KCP Jkt Gato60000,-
51. 07-04-2011
13:49:47
FHtravelfaiqBCA53795,-
52.07-04-2011
13:48:01
bullet_tiqaAndi Athiqah HidayahBCA-Panakkukang 2410220,-
53.07-04-2011
13:42:01
AzuraTour SubahriBank BCA - Cab. Kert280880,-
54. 07-04-2011
13:21:53
verra.taftedrawatibank mandiri50760,-
55.07-04-2011
13:14:58
CRV_TravelRidho Agribisnis Unh BNI Syariah-Makassar1225020,-
56.07-04-2011
13:02:36
PartytourSiswantoroMandiri146270,-
57. 07-04-2011
13:00:46
ima_tourMuhammad FaizunBCA 80040,-
58.07-04-2011
12:59:43
ERMAWATIERMAWATIBCA 67980,-
59.07-04-2011
12:58:28
daunpinus I Ketut ErmilyawanBCA Hasanudin Denpas80000,-

 
Selamat kepada member yang telah merasakan manfaat bergabung dengan kami di BIROTIKET.

Asap Tebal, Bandara Supadio Akan Ditutup

Pilot dari sejumlah maskapai penerbangan mulai mengeluhkan kabut asap berasal dari pembakaran lahan di sekitar Kecamatan Sungai Raya, Kalimantan Barat.Pasalnya, asap itu mengganggu jarak pandang dan aktivitas penerbangan di Bandar Udara Supadio Pontianak.

"Akibat musim kering yang mendera Kalimantan Barat, banyak penerbang yang melayangkan protesnya. Asap sudah mengganggu, terutama di pagi hari, jarak pandang bagi penerbangan menjadi dekat sehingga menyebabkan para pilot mengeluhkan ke kami," kata Kepala Divisi Operasi Bandara Supadio Pontianak, Irmadani, saat dihubungi di Sungai Raya, Kamis (7/4/2011).

Menurutnya, para penerbang protes karena jarak pandang ke bawah menuju landasan di bandara tertutup kabut asap sehingga susah dilihat. Pilot, katanya, cukup kesulitan mendeteksi landasan meski jarak pandang 400 feet yang dalam dunia penerbangan masih dapat ditoleransi dan tidak begitu mengkhawatirkan.

Namun, keluhan para pilot tersebut juga harus diakomodasi karena kalau dibiarkan terus akan semakin mengganggu dunia penerbangan di Kalbar. "Tidak menutup kemungkinan dalam beberapa waktu ke depan, bandara terpaksa ditutup," katanya.

Ancaman lain, katanya, terganggunya perekonomian di Kalbar. "Makanya harus ada langkah antisipasi atau pencegahan," katanya.

Pengelola Bandara Supadio Pontianak sudah melakukan berbagai langkah, termasuk mengimbau melalui jejaring sosial seperti Twitter yang berisi anjuran supaya warga Kalbar tidak membakar  lahan, hutan, atau memainkan layang-layang di sekitar bandara.

"Pembakaran akan memunculkan kabut asap dalam jumlah banyak dan mengakibatkan penerbangan juga terganggu. Kami harapkan masyarakat mengetahuinya," katanya.

Pihak perusahaan perkebunan PT Peniti Sungai Purun di Kabupaten Pontianak, Kalbar, menyatakan bahwa sekitar 95 persen kebakaran lahan di areal perusahaan tersebut sudah dapat dipadamkan dan dikendalikan.

"Laporan dari petugas menunjukkan hal itu," dalih Corporate Affair PT Peniti Sungai Purun (PSP), Didiet Fadriana. Luas lahan yang terbakar di perusahaan tersebut diperkirakan telah menghanguskan 400 hektare.

 

(Kompas)

Inspeksi Pesawat Tidak Ganggu Penerbangan

Maskapai Batavia Air menggrounded satu pesawatnya jenis Boeing 737-300 selama menjalani inspeksi terhadap dua unit pesawatnya yang sejenis dengan pesawat Southwest Airlines yang copot atapnya.

Selain Batavia, Garuda Indonesia selesai menginspeksi 18 pesawat sejenis dan Sriwijaya dua unit. Saat menjalankan pemeriksaan, layanan penerbangan berjalan sesuai dengan jadwal yang ada sehingga layanan penerbangan di seluruh Indonesia tidak mengalami perubahan.Direktur Safety Batavia, Muhammad Yamin mengatakan, pihaknya pada Rabu (6/4/2011) telah selesai menjalani inspeksi visual pada satu unit pesawat Boeing 737-300.

"Satu unit telah diperiksa mulai Selasa (5/4/2011) malam hingga Rabu siang, tidak ada masalah dan sudah diterbangkan. Satu unit lagi saat ini menjalani pemeriksaan hingga malam," kata Yamin di Jakarta, Rabu (6/4/2011). Pemeriksaan meliputi inspeksi visual terhadap badan pesawat sesuai yang diarahkan oleh pabrik pesawat yaitu Boeing.

Karena tidak ada masalah, maka pemeriksaan dianggap selesai. Disebutkan, pemeriksaan berikutnya adalah non destruction test (NDT) yang dilakukan dengan alat khusus untuk mencari keretakan metal yang tidak bisa dilihat secara visual.Disebutkannya agar lebih aman, Batavia memutuskan untuk menggrounded satu pesawatnya karena pada Selasa kemarin belum diaudit.

"Digrounded dulu, itu sudah menjadi prosedur tetap kami, sebelum inspeksi. Kalau sudah selesai inspeksi maka boleh dioperasikan lagi. Kami mengikuti services bulettin yang dikeluarkan oleh Boeing," kata Yamin.Dijelaskannya, selama pemeriksaan pesawat tersebut, Batavia menjalani operasi penerbangan dengan pesawat pengganti yang telah disiapkan sehingga layanan penerbangan tetap sesuai jadwal. "Tidak ada pembatalan penerbangan karena inspeksi ini," jelasnya.

Direktur Keuangan Garuda Indonesia, Elisa Lumbantoruan menyatakan bahwa 18 unit pesawat Boeing 737 series yang dioperasikan maskapai tersebut telah menjalani pemeriksaan dan dinyatakan layak untuk terbang. "Yang sudah diperiksa semua ok. Pesawat kita rata-rata cycle-nya masih di bawah 30 ribu. Setelah diperiksa ya diterbangkan lagi," kata Elisa.Sedangkan juru bicara Sriwijaya Air Agus Soedjono memastikan dua pesawat Boeing 737-300 milik Sriwijaya Air tetap melayani penumpang.

"Visual preventive sudah dilakukan dan pesawat dinyatakan clear, kemarin Selasa. Satu pesawat sejak Rabu pagi sudah diperiksa, malam nanti akan selesai," kata Agus.Baik Agus dan Elisa menyatakan pelayanan penerbangan ke seluruh Indonesia juga tidak terpengaruh.

Pesawat jelasnya, tetap dioperasikan dan baru digrounded pada saat akan diinspeksi.Seperti diberitakan sebelumnya, akibat atap pesawat boeing 737-300 milik Soutwest Airlines copot saat terbang di Amerika Serikat beberapa waktu lalu, otoritas penerbangan AS (FAA) dan Boeing menginstruksikan kepada maskapai di seluruh dunia untuk menginspeksi kembali pesawat-pesawat yang diproduksi bersamaan dengan pesawat Southwest.

Di Indonesia ada 102 unit pesawat Boeing 737 series, namun yang diwajibkan diperiksa visual ada 23 unit yaitu 18 unit milik Garuda, dua unit milik batavia Air, Dua unit milik Sriwijaya Air dan satu unit milik Travira Air.

 

(Tribunnews)


Terbang Yuk... !!



Hmmm....anak-anak pasti senang naik pesawat penuh warna kayak gini..:





Followers